Belajar Bersama, Berbagi Pengetahuan

Selamat datang di Belajar Bersama
__________________________________________________________________________________________________________________________

Indonesia

 
bendera indonesia
Bendera Indonesia

   Indonesia merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan bentuk pemerintahan republik. Kepala negara Indonesia adalah seorang presiden. Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal   17 Agustus 1945. Ibu kota negara Indonesia adalah Jakarta.



Keadaan Alam
   Secara astronomis, Indonesia terletak antara LU - 11°08'LS dan 95°'BT - 141°45'BT. Negara Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudra, Benua Asia & Benua Australia dan Samudra Hindia & Samudra Pasifik. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairan di Indonesia adalah  3.257.483 km².
indonesia
Indonesia
      Indonesia memiliki batas-batas negara sebagai berikut.
-Utara: Malaysia, Singapura, Samudra Pasifik
-Selatan: Samudra Hindia
-Timur: Papua Nugini
-Barat: Samudra Hindia
   Iklim di Indonesia adalah Tropis, karena terletak di sekitar garis khatulistiwa. Indonesia memiliki lebih dari 18.000 pulau, oleh karena itu Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tanah di Indonesia umumnya subur, karena terdapat banyak gunung berapi. Wilayah Indonesia memiliki keanekaragaman makhluk hidup yang tinggi sehingga oleh beberapa pihak wilayah ekologi Indonesia disebut dengan istilah "Mega biodiversity" atau "keanekaragaman mahluk hidup yang tinggi". Kekayaan makhluk hidup Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah Brasil dan Republik Demokratik Kongo.

Penduduk
   Pada tahun 2005, penduduk Indonesia berjumlah 241.973.879 jiwa. Kepadatan penduduknya 126 jiwa/km². Pertumbuhan penduduk di Indonesia rata-rata 1,4% per tahun. Bahasa resmi penduduk Indonesia adalah bahasa Indonesia. Di Indonesia terdapat beberapa agama yaitu Islam, Kristen, Hindu, Budha, dll. Penduduk Indonesia mayoritas menganut agama Islam.

Perekonomian
   Karena tanahnya yang subur di Indonesia terdapat banyak pertanian. Hasil pertanian yang utama adalah beras, teh, kopi, rempah-rempah, dan karet. Perdagangan Indonesia memperdagangkan hasil pertanian, tekstil, dll. Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar di luar Jawa, termasuk minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, dan emas. Indonesia merupakan pengekspor gas alam terbesar kedua di dunia, meskipun akhir-akhir ini menjadi pengimpor bersih minyak mentah. Meskipun kaya akan sumber daya alam dan manusia, Indonesia masih menghadapi masalah besar dalam bidang kemiskinan yang sebagian besar disebabkan oleh korupsi yang merajalela dalam pemerintahan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Asia Tenggara / Negara / Pengetahuan dengan judul Indonesia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://belajarbersamabloggerklaten.blogspot.com/2013/05/indonesia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 21 Mei 2013

Belum ada komentar untuk "Indonesia"

Posting Komentar

harap menggunakan kata-kata yang baik dalam berkomentar. Terimakasih.