Belajar Bersama, Berbagi Pengetahuan

Selamat datang di Belajar Bersama
__________________________________________________________________________________________________________________________

Hiu


   Hiu- Ikan hiu adalah sekelompok ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan tubuh yang ramping. Mereka bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang kepalanya. Hiu mempunyai tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles, untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan, parasit, dan untuk menambah dinamika air. Mereka mempunyai beberapa deret gigi yang dapat digantikan.

   Hiu mencakup spesies yang berukuran sebesar telapak tangan. Hiu pigmi, sebuah spesies dari laut dalam yang panjangnya hanya 22 cm. Hiu paus, ikan terbesar yang dapat tumbuh hingga sekitar 12 meter. Hiu banteng, adalah yang paling terkenal dari beberapa spesies yang berenang di air laut maupun air tawar dan di delta-delta.

   Hiu mempunyai kerangka yang sangat berbeda dari ikan-ikan yang bertulang (misalnya ikan kod), karena terbuat dari tulang muda/tulang rawan yang sangat ringan dan lentur, meskipun tulang muda di ikan hiu yang lebih tua kadang-kadang sebagian bisa mengapur, sehingga membuatnya lebih keras dan seperti tulang. Rahang hiu beraneka ragam dan diduga telah berevolusi dari rongga insang yang pertama. Rahang ini tidak melekat pada cranium dan mempunyai deposit mineral tambahan yang memberikan kekuatan yang lebih besar.

   Hiu umumnya lambat mencapai kedewasaan seksualnya dan menghasilkan sedikit sekali keturunan dibandingkan ikan-ikan lainnya yang dipanen. Hal ini menimbulkan keprihatinan diantara para biologiwan karena meningkatnya usaha yang dilakukan untuk menangkapi ikan hiu selama ini, dan banyak spesies yang kini dianggap terancam punah.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Hewan / Ikan / Pengetahuan dengan judul Hiu. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://belajarbersamabloggerklaten.blogspot.com/2013/05/hiu.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Jumat, 31 Mei 2013

Belum ada komentar untuk "Hiu"

Posting Komentar

harap menggunakan kata-kata yang baik dalam berkomentar. Terimakasih.